Ubuntu Versi Mobile Sambangi Developer Minggu Depan

Smartphone pertama yang berbasis sistem operasi (OS) Ubuntu akan mulai dipasarkan ke publik mulai Oktober 2013. Namun para pengembang sudah bisa mendapatkan kode open source OS tersebut minggu depan.

Dikutip dari website resminya, Sabtu (16/2/2013), Canonical selaku perusahaan yang mengembangkan Ubuntu versi mobile, mengumumkan bahwa OS mobile tersebut untuk sementara ini sudah bisa dicoba di smartphone Galaxy Nexus dan Nexus 4 mulai 21 Februari 2013.

Dirilisnya kode tersebut menandakan bahwa era Ubuntu sudah dimulai. Jika OS finalnya telah sempurna, OS Ubuntu itu juga akan didistribusikan ke perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. OS mobile Ubuntu rencananya akan ditujukan untuk dua segmen perangkat mobile, yaitu smartphone high-end dan entry-level.

OS tersebut dirilis agar para penggemar dan pengembang bisa mencicipi pengalaman memakai Ubuntu di smartphone dan mengembangkan aplikasinya.

Menariknya lagi, bagi pengembang yang ingin ponselnya dipasangkan OS tersebut, Canonical dengan senang hati membantu. Canonical memastikan akan hadir pada ajang Mobile World Congress (MWC) 2013 yang akan digelar di Barcelona, Spanyol, 25-28 Februari mendatang.

Awal pekan ini, Canonical juga sudah merilis panduan desain untuk aplikasi Ubuntu. Perusahaan juga merilis developer SDK untuk para pengembang yang ingin membangun aplikasi menggunakan Qt/QML, web atau HTML5.

Ubuntu versi mobile akan menggunakan swiping gesture ala layar sentuh untuk navigasi dan meninjau halaman. Sistem swipe ini akan memudahkan pengguna untuk mengakses aplikasi pilihan mereka.

Ubuntu adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan yang mencoba peruntungan di pasar ponsel. Selain Android, iOS Apple, Windows Phone 8 dan BlackBerry 10, OS mobile lain yang akan segera muncul adalah Tizen, Sailfish dan Firefox OS. (DEW)

Iklan

Orang baik akan berkomentar yang baik

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s